Wednesday, 28 May 2014

Webmaster Tools sangat membantu kita.
Menulis di blog adalah kegiatan yang menyenangkan, dan tentu Anda sebagai pengelola blog mengharapkan pengunjung yang banyak. Semakin banyak semakin puas rasanya. Cara meningkatkan pengjunjung dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas konten blog melalui posting yang bermanfaat dan menarik. Namun seiring kecenderungan masyarakat yang lebih suka memanfaatkan mesin pencari seperti Google sebagai pintu masuk dalam berselancara di dunia maya, maka blog Anda pun dituntut untuk bersahabat dengan SEO, Search Engine Optimizier.

Meski ada beberapa tools untuk memantau & meningkatkan hasil pencarian website kita di Google, tapi tentu saja yang paling mumpuni adalah yang disediakan oleh Google sendiri yaitu Google Webmaster Central. Perlu kedisiplinan seorang pengelola blog untuk senantiasa memantau konten blognya dengan memanfaatkan Goggle Webmaster. Anda dapat mengaksesnya di http://www.google.com/webmasters/ dan untuk menggunakannya diperlukan akun Google dan sudah men-verifikasi website yang kita miliki.


Berikut beberapa fasilitas Google Webmaster seperti yang dilansir infotknologi.com:

  • ‘Submit sitemap’ ke Google, Sitemap bisa berupa file xml ataupun site feed
  • Permanent Redirect dari alamat website lama ke website yang baru, berfungsi bila kita mengganti nama domain, dengan begitu Google akan meneruskan traffic ke website yang baru.
  • Melihat kata kunci (keywords) pencarian, dan posisi website kita di Google
  • Setting target demografis pencarian di Google
  • Setting Preffered Domain (www atau non-www untuk link anda di hasil pencarian Google)
  • Setting Crawler Rate
  • Melihat jumlah inbound link (baik internal maupun external link)
  • Memeriksa kesalahan coding, html error, crawler error, ataupun malware yang mungkin ada di website anda
  • Kecepatan loading website saat diakses oleh pengguna

Anda akan memerlukan langkah berikut guna verifikasi Google Webmaster

  • Mengupload file .html ke root direktori (cara paling mudah bila memiliki hosting sendiri)
  • Memasukkan meta tag di header website / blog (dipilih bila menggunakan blog gratis seperti blogspot)
  • Menambahkan DNS record di setting domain (sedikit repot) dan terakhir,
  • Link dengan akun Google Analytics.

Untuk Website Berbayar
Google Webmaster mengharuskan anda untuk memverifikasi kepemilikan website sebelum dapat melakukan perubahan setting dan optimasi website. Berikut cara verifikasi website di Google Webmaster :

Sitemap sangat berguna untuk memberi tahu Google halaman di blog / website yang belum diindeks. Sitemap biasanya memiliki format XML, tapi anda juga bisa mensubmit sitemap berupa feed (RSS atau Atom) ke Google Webmaster.
Submit sitemap ke Google
Caranya masuk ke menu Site Configuration > Sitemaps, klik tombol Submit a Sitemap lalu masukkan lokasi sitemap atau feed website.

Bila website / blog anda berbahasa Indonesia tentu anda menginginkan target pembacanya adalah orang Indonesia yang mayoritas trafficnya berasal dari Indonesia juga.

Dengan mensetting Geographic Target menjadi negara Indonesia maka ranking SERP (search engine results page) website akan lebih tinggi bila orang mencari dengan google.co.id ataupun men-filter pencarian dengan pilihan Pages from Indonesia di Google.

Untuk merubah setting Geographic Target masuk ke menu Site Configuration > Settings > General Setting, klik kotak “Target users in” menjadi negara pilihan anda.
Setting Google Geographic target
Preffered domain adalah alamat website yang ingin anda pakai saat diindeks oleh Google (canonical domain). Ini penting untuk meningkatkan SEO website karena bila preffered domain tidak diset, dapat muncul 2 alamat berbeda dengan 1 halaman tujuan yang sama.

Misal: htttp://infoteknologi.com dan http://www.infoteknologi.com dapat muncul 2 kali dalam index Google yang menyebabkan peringkat SERP terbagi antara 2 alamat yang berbeda.

Untuk mengaturnya di Google Webmaster anda perlu memverifikasi 2 kali situs anda yaitu untuk alamat situs dengan www dan non www. Setelah itu masuk ke menu Site Configuration > Settings, dan di bagian Preffered Domain tentukan pilihan mana yang ingin anda set secara default (wwwatau non www)

Note: lakukan cara diatas untuk kedua website yang sudah diverifikasi

Setting crawl rate akan membuat website atau blog lebih rajin dikunjungi Google Bot, biasanya setting setiap website berbeda-beda dan setting sudah ditentukan sendiri oleh Google.

Tapi bila rajin mengupdate blog sebaiknya rubah setting supaya Google Bot lebih sering mengunjungi website / blog supaya konten baru dapat langsung masuk ke indeks pencarian Google.
edit crawl rate
Masuk ke menu Site Configuration > Settings > General Setting lalu di bagian Crawl rate pilih Set custom crawl rate. Pindahkan slider ke kiri (Slower) untuk memperlambat atu ke kanan (Faster) untuk membuat Google bot lebih sering mengunjungi website.

HTML Suggestions akan menunjukkan error atau peringatan pada website atau blog anda yang ditemukan oleh Google, jadi memperbaikinya dapat meningkatkan SEO website dan meningkatkanSERP.

Untuk melihat saran atau peringatan yang diberikan Google bisa masuk ke menu Diagnostics > HTML Suggestions
HTML Suggestions
Meski masih ada menu pilihan lain di Google Webmaster namun kebanyakan adalah bersifat informatif saja, jadi tidak akan Info Teknologi bahas di tutorial meningkatkan SEO website.

Good Luck! :)

0 comments:

Post a Comment

Blog Stats