Thursday, 28 May 2015

SEO Off Page adalah cara yang mudah.
Menulis di blog merupakan kegiatan yang menyenangkan, dan tentu Anda sebagai pengelola blog mengharapkan pengunjung yang banyak. Semakin banyak semakin puas rasanya. Cara meningkatkan pengjunjung dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas konten blog melalui posting yang bermanfaat dan menarik. Namun seiring kecenderungan masyarakat yang lebih suka memanfaatkan mesin pencari seperti Google sebagai pintu masuk dalam berselancara di dunia maya, maka blog Anda pun dituntut untuk bersahabat dengan SEO, Search Engine Optimizier.

Ragam cara meningkatkan SEO antara lain dapat dilakukan melalui SEO off page dan SEO on page. Kali ini perkenankan saya berbagi beberapa dasar penting terkait SEO Off Page.

Definisi SEO Off Page

Seo off page optimization atau optimalisasi seo off page adalah langkah-langkah yang dilakukan diluar blog maupun website (dibelakang layar) guna meningkatkan kemudahan sebuah blog/ website untuk ditemukan melalui mesin pencari yang dapat diukur melalui google pagerank  (ini definisi saya sendiri hehe).

Artinya dalam optimasi seo off page ini Anda di tuntut untuk membangun sebanyak-banyaknya link yang mengarah ke blog atau website yang Anda miliki dengan artian link building. Banyak memang cara dan teknik yang bisa digunakan untuk optimasi blog dengan teknik seo offpage ini, salah satu yang banyak digunakan oleh para webmaster adalah dengan mendapatkan backlink yang berkualitas dan dengan kategori dofollow.

Berkutat dengan SEO off page ini sangatlah menarik, karena Anda harus konsisten untuk mencari dan mendapatkan backlink. Dari sana sebenarnya Anda dapat sekaligus memperbanyak jaringan dan benar-benar menjalin silaturahim dengan bloger/ pengelola website lain yang Anda letakkan backlink, jadi tidak hanya sekedar menjadi spammer.

Menurut para blogger yang sudah berpengalaman, seo off page dapat berdampak pada naiknya google pagerank blog atau website secara mudah. Selain itu blog/website dan halaman yang terdapat didalamnya juga mampu menduduki peringkat teratas di serp. Bagi Anda seorang internet marketing mungkin teknik seo ini tidak asing lagi bagi Anda, atau Anda sudah menguasainya untuk suatu bisnis yang cukup stabil seperti toko online.

Keuntungan menguasai seo off page sangat banyak, salah satu diantaranya adalah dengan membuka jasa seo berkualitas dan murah bagi website yang bisnis oriented dengan memberikan layanan backlik. Jadi ketikan Anda membuka jasa seo tersebut maka salah satu hal yang Anda lakukan adalah mencari backlink yang akan diarahkan ke webite klien Anda dengan harapan websie tersebut menduduki peringkat atas di search engine dengan keyword tertentu.

Lalu bagaimana cara mengoptimalisasikan SEO Off Page? Pembahasan selanjutnya saya akan berbagi 5 langkah guna memperolehnya.

Optimalisasi  SEO Off Page
Sebenarnya inti dari seo off page adalah backlink berkualitas yaitu mencari sebanyak-banyak backlink dofollow yang mengarah ke blog atau website anda diantaranya backlink dari situs-situs seperti di bawah ini.

1. Social Bookmark
Untuk yang satu ini kita sudah disediakan beberapa social bookmark untuk mempromosikan website kita, sebagai pengetahuan saja sebagian besar blogger dari luar menjadikan social bookmark sebagai kegiatan wajib bagi mereka setelah melakukan pembaruan posting pada blog mereka. Beberapa social bookmark popular antara lain Digg, Pinterest, Delicious, StumbleUpon, Reddit dan masih banyak yang lainya.

2. Forum
Ini salah satu media yang bisa kita gunakan dalam promosi website kita. Forum merupakan tempat yang paling efektif untuk mendapatkan traffic, salah satu caranya adalah kita post komentar pada thread yang orang buat dan kita tinggalkan signature yang diberi link ke website kita, thread harus sesuai dengan bahasan blog kita dan signature yang diberikan merupakan kata kunci yang kita pilih.

3. Artikel Directory
Artikel directory digunakan untuk memperkenalkan website kita keberbagai orang dengan cara menulis artikel dan meninggalkan link website kita itu sangat efektif untuk mendapatkan visitor.

4. Website Directory
Salah satu cara yang sebagian orang jarang lakukan adalah submit ke website directory sebenarnya ini bisa berdampak besar pada pengunjung blog anda, kadang pada website baru untuk berada di page 1 google sangat sulit dan dengan cara menginputkan website kita pada website directory itu bisa terjadi karena sebagian website directory mempunyai pagerank yang tinggi dan traffic yang bagus.

5. Social Media
Sekarang social media merupakan hal pokok dalam SEO, social media sekarang sangat di perhitungkan dalam mesin pencarian google dan termasuk dalam algoritma SEO mereka, karena google beranggapan social media merupakan tempat berkumpulnya banyak orang dari berbagai penjuru dunia dan jika kita mendapatkan visitor yang masuk melalui social media itu google menganggap visitor kita merupakan manusia yang benar-benar tertarik dengan website kita bukan robot yang sering menyusup ke website.

Warning
Sebelum Anda melakukan optimasi seo off page, saya mengingatkan kepada Anda untuk tidak melakukan optimasi secara berlebihan, karena dampaknya sangat fatal yaitu blog di banned karena dianggap sebagai spam!!

Untuk mendapatkan backlink dari situs yang telah saya sebutkan diatas lakukan secara berkala yaitu dengan 3 sampai 4 backlink per-harinya.


Kabar baiknya jika Anda ingin menguasai SEO dan internet marketing serta web development, sekarang telah banyak dibuka kursus tentang SEO hampir di semua kota di Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Jogja, Surabaya, dll, bahkan di kota-kota kecil. Jadi untuk mempelajari seo tidak perlu lagi secara otodidak, karena memakan waktu yang sangat lama. Dengan mengikuti kursus seo, maka Anda akan menjadi lebih unggul dan Anda juga dapat menguasai teknik optimasi seo off page dan teknik seo on page secara mendalam lagi. Good Luck!!

0 comments:

Post a Comment

Blog Stats