Wednesday, 6 May 2015


Dalam lingkungan yang semakin kompetitif seperti saat ini, kepemimpinan adalah hal esensial yang diperlukan dalam suatu organisasi guna mencapai tujuan organisasi. Maka daripada itu seorang pemimpin dituntut untuk mampu memberikan inspirasi, motivasi dan arahan bagi teamnya.

Untuk segala jenis organisasi baik pemerintah, swasta, profit oriented, nirlaba, apapun itu. Kepemimpinan yang baik akan memberikan banyak manfaat dan menjamin organisasi mencapai kesuksesan dan ketahanan terhadap segala tantangan di depan. Sebaliknya ketiadaan kepemimpinan yang baik dalam suatu organisasi, pada umumnya menyebabkan organisasi berkembang sangat pelan bahkan kehilangan arah dan kalah dalam kompetisi. Jika organisasi pemerintah yang berorientasi pada tingkat pelayanan dan kepuasan masyarakat, maka ketiadaan kepemimpinan di dalamnya berpotensi memicu ketidakpuasan masyarakat. 

Seorang pemimpin yang baik dapat mengelaborasi dirinya dalam beberapa hal seperti: memiliki visi yang jelas, mampu membuat perencanaan yang efektif, memberikan inspirasi dan motivasi, berfikir progresif dengan ide-ide baru yang berguna, memiliki kemampuan berhubungan baik dengan anggota team, dan memiliki kemampuan manajemen krisis.

Hal tersebut di atas hanyalah sedikit dari sekian kebutuhan seorang pemimpin. Namun dengan fokus, seorang pemimpin dapat menjadi pemimpin yang efektif dan meningkatkan kemungkinan pertumbuhan organisasi menuju tujuan organisasi yang telah ditetapkan.

0 comments:

Post a Comment

Blog Stats