Monday, 6 July 2015

Copy paste, jurus ajaib pemburu paper.
Sudah umum bahwa dalam dunia blogging kasus plagiarisme banyak terjadi. Begitu banyak orang malas yang hanya mau klik kanan dan mengambil begitu saja hasil fikiran orang lain (walaupun dahulu saya juga demikian, hahaha, tobat deh!). Mari berusaha sebisa mungkin untuk menghindari kebiasaan plagiat tersebut, kenapa? Karena kita tentu tidak nyaman juga jika tulisan dijiplak bulat-bulat tanpa dibaca. Dimana serunya? Tujuan kita menulis, berbagi dalam blogging khan agar dibaca. Jangan sampai hanya menjadi tak lebih dari seperti tumpukan sampah yang dicomot sana-sini. Khusunya bagi adik-adik kita yang masih sekolah dengan segudang tugas membuat paper. Anekdotnya: copas is the mother of paper.

Memang membendung replikasi adalah hal yang sulit. Itu sama saja menganulir semua tulisan kita sendiri karena kebanyakan dari kita sulit untuk membuat tulisan yang murni baru, lebih banyak replikasi. Membaca sumber, lalu menulisnya ulang dengan bahasa sendiri dan sesuai pemahaman yang didapat. Setidaknya itu lebih sah daripada plagiarisme binti copy al paste.

Nah, sekarang kita akan buat supaya proses pengambilan buah fikiran atau meniru tersebut menjadi sedikit lebih sulit bagi mereka yang malas membaca. Setidaknya kita paksa mereka untuk membaca isi tulisan terlebih dahulu sebelum mereka dapat menulis ulang isinya. Tidak semata-mata copy-paste.

Hanya dengan 1 (satu) Cara Ampuh Agar Blog Tidak di "COPAS", yaitu menggunakan kode HTML yang sangat mudah dan tidak bertele-tele. Cara yang satu ini tidak akan membebani loading blog Anda sehingga menjadi lambat. Sejauh pengamatan saya tidak akan ada efek menjadi lambat terhadap loading blog. Dengan menggunakan Dengan mengaplikasikan tehnik ini kita membantu para pemalas untuk tidak berbuat jahat, mencuri tulisan. Yuk simak caranya :

1. Masuk ke Blogger.com
2. Klik Template masuk ke menu: Edit HTML
3. Tekan tombol Ctrl dan F secara bersamaan. Ini akan membuka menu pencarian di kode HTML. Lalu cari kode ini: ]]></b:skin> atau </style>
4. Setelah ketemu, yang perlu dilakukan adalah meletakan kode khusus di atasnya. Copy kode khusus dibawah ini :

.post-body {
-webkit-user-select: none;
-khtml-user-select: none;
-moz-user-select: none;
-o-user-select: none;
}
atau
.post-body {
-moz-user-select: none;
-khtml-user-select: none;
-o-user-select:none;
user-select: none; 
}

5. Paste kode yang sudah di copy tadi, tepat di atas kode ]]></b:skin> atau </style>
6. Ingat, tepat di atasnya!
7. Terakhir, klik Simpan Template

Coba lihat blog Anda, dan refresh.

Taraaaaa........!!! artikel pada blog Anda tidak bisa diblok lalu klik kanan dan copas, setidaknya untuk saat ini (kecuali bagi orang-orang yang mengetahui) hehe. Selamat mencoba.

Untuk memperkuat pertahanan anti copas tulisan Anda, silahkan baca artikel ini

0 comments:

Post a Comment

Blog Stats