Tuesday, 14 July 2015

Center Line Velg.

Jangan bingung ketika melihat iklan velg di bursa jual beli online, ada infromasi alphanumeric seperti: 18x9J ET 20 PCD 5x120. Atau ketika seller tidak menyertakan info tersebut kemudian banyak komentar di bawahnya menanyakan ET berapa? PCD berapa? dst.
Sekali lagi jangan bingung! Karena kali ini kita akan bahas mengenai apa arti kode velg mobil dimaksud. Secara garis besar ada 4 hal yang yang diperhatikan dari spesifikasi velg yaitu: PCD/ Offset/ Lebar/ Rim Size.
PCD (Pitch Circle Diameter) adalah jarak lubang baut pada velg. Umumnya mobil menggunakan velg dengan konstruksi 4 atau 5 lubang baut. Nah jarak antar lubang inilah disebut PCD dan cara mengukurnya disesuaikan jumlah bautnya. Tapi tidak perlu bingung, velg kan sudah dibuat oleh pabrik, kita sebagai konsumen cukup mengetahui saja mobil kita menggunakan PCD berapa. Misal untuk BMW PCD 5x120, atau untuk Mercedes Benz PCD 5x112. Jadi jika Anda menggunakan BMW carilah velg yang ber PCD 5x120 di bursa jual beli.
Offset (ET) adalah ukuran yang mewakili nilai ketebalan bagian tengah velg (pantat velg) yang langsung menempel kepada tromol pada roda mobil. Perhatikan ilustrasi di atas. Tiap velg memiliki garis tengah (center line) yang berada di antara sisi luar dan sisi dalam. Dapat Anda lihat secara imajiner garis vertikal pada velg. Nah di sana ada sisi dalam velg dan sisi luar velg. Seberapa dalam velg itu akan menjorok ke dalam atau keluar fender ditentukan oleh ET tadi. Pada spec velg, offset akan ditulis seperti: ET20, atau ET40, atau ET 15 dll. Selengkapnya bisa dibaca disini.
Cara Menghitung PCD
Lebar (rim width) velg umumnya diukur dengan satuan inch. Lebar velg bukan ukuran diameter velg ya, tapi ukuran penampang tapak velg. Ada set velg yang memiliki lebar berbeda antara velg depan dan belakang, dalam dunia modifikasi dikenal istilah "velg belang". Sedangkan velg yang memiliki lebar sama untuk, biasa disebut "velg lebar rata". Penulisan spek ditulis 18x8.5J - 9.5J, angka 8.5 atau 9 inilah yang dimaskud lebar velg. Artinya velg dengan lebar tapak 8.5 inch atau 9 inch.
Ukuran velg adalah spesifikasi yang paling mudah diketahui orang. Kita mengenali velg ring 15 atau ring 19 maskudnya velg tersebut memiliki diameter 19 inch. Perlu diperhatikan adalah ukuran ring yang tepat jangan terlalu besar karena bisa mentok fender dan terlihat seperti sepatu roda. Penulisan spek umumnya diikuti lebar velg msialnya: 18x9J, atau 15x7J.
Kesimpulan:
Jika melihat Rim Marking: 15x7J ET 38,  artinya adalah velg tersebut berukuran 15 inch dengan lebar 7 inch dan offset 38 mm. Sekarang sudah jelas ya? Selamat berburu velg..! :D

0 comments:

Post a Comment

Blog Stats