Wednesday, 29 July 2015



Mengenali velg OEM.

Anda mungkin telah banyak melihat iklan velg keren dengan harga yang bisa membuat mata terbelalak, baik karena saking murahnya atau saking mahalnya. Semua bisa terjadi pada velg-velg itu dengan embel-embel “OEM Style” atau “Replica”. Bahkan untuk velg tertentu harganya bisa melambung tinggi ketika memiliki atribut bahwa velg tersebut dibuat dengan spesifikasi OEM (khusus untuk mobil tertentu) dan dibuat di pabrik resmi dari merk tertentu misalnya.

Ngomong-ngomong jika Anda belum tahu apa itu OEM, ialah singkatan dari Original Equipment Manufacturer. Yaitu perusahaan/ pabrik yang memproduksi parts untuk produsen mobil. Misalnya Delco membuat parts untuk Chevrolet. Atau SAMI membuat parts untuk Honda Indonesia.

Kembali ke masalah velg, dengan sekian banyak penawaran velg yang ada kita patut menelaah lebih dalam agar tidak salah beli. Dengan kata lain kita yakin dan penuh kepercayaan diri ketika membeli velg baik dari segi harga dan kualitas. Jangan sampai membeli harga tinggi untuk barang dengan kualitas rendah.

Pada prinsipnya ketika velg original itu dibuat ia memiliki prasyarat yang harus dipenuhi agar lolos untuk diproduksi secara masal, antara lain:
  • Ketahanan dari kondisi jalanan yang berbahaya seperti lubang, jalanan retak, bergelombang
  • Ketahanan dari garam, zat asam dan kimiawi lainnya yang bersifat merusak
  • Ketahanan agar tidak mendapat complain/ retur terlalu banyak.
  • Kemampuan untuk mendopang kendaraan beserta beban penumpang dan muatan dengan tetap memperhatikan factor keselamatan
  • Ketepatan  fitment velg sehingga system suspense dan system deselerasi kendaraan dapat berfungsi optimal sesuai desain baku kendaraan tanpa muncul getaran/ gangguan. 
Pabrikan velg (OEM) menempuh perjalanan yang sangat jauh dalam melakukan riset. Test yang dilakukan terhadap velg pra produksi bisa memakan biaya hingga miliaran rupiah untuk menjamin velg tersebut nantinya dapat berfungsi maksimal baik dalam perjalanan yang keras hingga lembut, di dalam maupun di luar kota. Jadi jangan percaya mitos bahwa beli velg original percuma karena sama kuatnya dengan velg original. Wah, jangan! apalagi kalau percaya mitos-mitos lainnya. Pahami dulu guys... :) Good Luck!


0 comments:

Post a Comment

Blog Stats