Wednesday, 29 July 2015



Velg OEM bikin hati tenang.



Seperti kita ketahui sebelumnya bahwa pabrikan velg (OEM) telah menempuh perjalanan yang sangat jauh dalam melakukan riset. Test yang dilakukan terhadap velg pra produksi bisa memakan biaya hingga miliaran rupiah untuk menjamin velg tersebut nantinya dapat berfungsi maksimal baik dalam perjalanan yang keras hingga lembut, di dalam maupun di luar kota. Konsekuensinya memang kurang baik bagi kantong kita, harga velg OEM menjadi mahal. Bahkan harga bekasnya tetap mahal.

Jadi selain kualitas, kunci dalam dikotomi velg OEM vs replica adalah pada harganya. Hal yang menjadi prinsip produsen velg replica antara lain: 
  • Memastikan proses produksi memakan biaya sekecil mungkin
  • Tidak perlu menggunakan bahan baku dan metode pembuatan terbaik.
  • Satu model/ varian velg dibuat untuk dapat digunakan pada banyak jenis kendaraan, walaupun desain asli (OEM) dari velg tersebut tidak menerapkan demikian.
  • Identik tidak harus sama, kemiripan produk hingga 80% dianggap cukup.
Kebanyakan velg replica tidak didahului dengan riset yang matang. Hal ini tentu agar biaya dapat ditekan seminim mungkin. Dan juga produsen velg replica tidak memiliki kemampuan untuk melakukan test yang diperlukan (memerlukan mesin-mesin, program dan aset yang kompleks).

Secara garis besar, velg replica adalah produk yang menyasar pangsa pasar ynag tidak terlalu mementingkan kualitas namun lebih condong kepada tampilan visual. HArga menjadi factor yang sangat dominan dalam penjualan velg replica.

Bagi saya pribadi, menggunakan velg replica silahkan saja namun perlu disadari kemampuan dan kualitasnya. Ada banyak rekan yang mengalami kecelakaan karena velg pecah atau terbelah dua saat digunakan dalam kecepatan tinggi. Atau peang (melengkung) saat kendaraan melintasi lubang di jalanan rusak sehingga mengganggu handling kendaraan. Ada pula teman yang menggunakan velg replica sekian lama tanpa keluhan, selidik punya selidik velg tersebut diaplikasikan pada kendaraan yang hanya digunakan dalam kota, dalam kondisi jalanan yang terkendali dan tidak untuk kebut-kebutan.

Velg OEM? Segala medan, segala situasi, hayuuuuuk…  GASSSSS POOOOLLL!!!!



0 comments:

Post a Comment

Blog Stats