Friday, 22 January 2016

Webmaster tool membantu artikel Anda dikenali google.
Seorang teman mengirim pertanyaan melalui whatsapp perihal varian BMW E39 keluaran 1996-2004. Agaknya dia sedang mempertimbangkan rencana membeli mobil bekas berbudget rendah. Berhubung sedang tidak terlalu senggang, maka saya bilang kepadanya "Cari saja di google, di balimaning juga ada. Sempat saya tulis ulasannya". Sayangnya teman saya merespon negatig, katanya di google tidak ada. Sontak saya kepo "Gimana caranya tidak muncul di index halaman google?".




Perubahan Berakibat Pada Index

Belakangan saya baru ingat bahwa beberapa waktu lalu saya sempat melakukan perubahan pada template blog saya, juga melakukan sedikit perubahan pada konten artikel. Dan... (OMG) saya lupa belum melakukan dua langkah jitu agar artikel muncul di index halaman google. Padahal itu adalah langkah yang wajib dilakukan setelah posting. Ibarat tembakan dua angka dalam permainan basket, mengindex adalah follow trough yang berpengaruh signifikan pada hasil tembakan. Dalam hal ini, hasil sebuah posting, adalah publikasi. Yaitu bagaimana agar artikel tersebut dikenali, diindex dan muncul di pencarian google sehingga memungkinkan semakin banyak orang yang mengaksesnya.

Sebenarnya saat kita melakukan posting artikel, secara otomatis artikel tersebut akan dikenali google dan muncul dalam index halamannya. Namun perlu waktu cukup lama karena google harus melakukan crawl terhadap keseluruhan isi blog, sehingga proses tersebut memang akan membutuhkan cukup waktu mungkin bisa memakan waktu beberapa hari.
Persiapan untuk melakukan dua langkah jitu memunculkan artikel di index google adalah Anda harus memiliki akun google dan mendaftarkannya di google webmaster. Saat ini begitu memiliki akun google sudah otomatis bisa sign-in di webmaster. Kalau belum memiliki akun bisa mendaftar gratis di webmaster  


Langkah Jitu 1:
"Setor Url Artikel ke Google"

Submit artikel bertujuan mengenalkan artikel baru kita ke mesin pencari google agar artikel kita cepat dikenali dan diindex oleh mesin pencari google, sehingga mudah ditemukan pada hasil pencarian ketika kata kunci yang dimasukan relevan dengan judul artikel yang kita buat, untuk submit artikel di mesin pencari google, silahkan buka alamat URL ini:


Nanti akan muncul tampilan seperti ini:

Cara Agar judul postingan muncul dipencarian google
Rajinlah setor url artikel Anda dengan google webmaster tools.
Langkah-langkahnya (lihat gambar)
  1. Masukan alamat URL yang hendak disetorkan.
  2. Pastikan Anda bukan robot.
  3. Klik "Submit Request"
Setelah melakukan submit request  maka google pasti sudah mengenali judul artikel anda tersebut, namun posisi dihasil pencarianbelum tentu berada di halaman pertama. Cara cek bahwa google sudah mengenali artikel Anda, coba saja search di google nama blog Anda. Di hasil pencarian akan muncul artikel-artikel yang sudah dikenali.

Langkah Jitu 2:
"Fetch and Render (Fetch as Google)"

a. Anda sudah harus mendaftarkan blog di webmastertool, caranya masuk dan login ke akun webmaster tool dan pilih "Add Property"  (dulu menu ini ditampilkan "Add Site" tapi sekarang digunakan istilah property). Jangan bingung intinya sama saja yaitu bahwa Anda menambahkan sebuah alamat blog (url situs anda) pada webmaster.

b. Jika sudah menambahkan site, maka akan muncul nama blog Anda pada daftar property. Di sisi kanan ada menu "Manage Peoperty". Dan di sisi kiri nampak nama blog Anda. Klik pada nama blog tersebut.

c. Anda akan memasuki halaman baru, dan pada sisi kiri ada menu dashboard dst. hingga ke bawah ada yang namanya menu "Crawl". Klik pada menu Crawl.

d. Pilih submenu "Fetch As Google" akan disediakan fasilitas input seperti gambar dibawah ini:

Cara agar judul artikel cepat diindex google

Input Fetch as google

Langkahnya (lihat gambar)
  1. Masukan salah satu alamat URL halaman blog anda, tanpa home url, karena sudah disediakan oleh webmaster. Jadi cukup copy nama url saja seperti terlihat pada gambar diatas.
  2. Pilih desktop
  3. Tekan tombol "Fetch" atau tombol "Fetch As Render" tunggu beberapa detik sampai judul artikel anda berhasil di fetch.
Disclaimer
Setelah Anda melakukan dua langkah tersebut di atas maka artikel akan segera dikenali oleh google. Namun demikian bukan berarti artikel tersebut akan menduduki halaman utama pada index pencarian google. Untuk mencapai level itu diperlukan pengelolaan SEO yang lebih baik onn page maupun off page. Setidaknya dengan dua langkah jitu di atas, asal rajin dilakukan (dan tidak lupa) maka blog atau artikel Anda akan lebih mudah diakses oleh netizen. Selamat mencoba. Good luck! :)

1 comments:

Blog Stats