Tuesday, 12 January 2016

Fuji X100 dan X100T tidak hanya sekedar berbeda teknoloogi wifi.
Saat ini sudah banyak kamera Pocket, Mirrorless dan DSLR yang memiliki fitur Wi-Fi. Fitur ini sangat berguna untuk mentransfer hasil foto secara lebih cepat dan mudah ke gawai lainnya seperti komputer, handphone, tablet atau unit kamera lain tanpa perlu repot mencopot memory card dari body kamera.
Sayangnya teknologi wifi tersebut membuat harga kamera menjadi lebih mahal dari yang non-wifi. Sebagai konsumen yang selalu didera dan diterpa (jiah..) iklan-iklan dari produsen, lama-kelamaan merasakan juga apa anak gaul bilang "mupeng" dengan kamera ber-wifi. Sementara itu kamera lama juga terasa sayang untuk dijual (karena pediiiiih harga bekasnya terjun bebas).

Salah satu kamera jalan-jalan yang saya "demen" sampai saat ini adalah Fuji X Series, wabil chusus Fuji X100. Namun dalam suatu kesempatan turing di akhir 2015 bersama rekan yang kebetulan fotografer profesional, saya dibuat memble, gara-garanya Fuji X100 saya yang tidak berwifi jadi kelihatan sangat jadul sementara Sony A7 rekan saya itu bagai ratu promp yang dikelilingi para pujangga; di setiap perhentian istirahat makan ia menjadi pusat perhatian karena hampir semua manusia narsis dalam rombongan turing ingin segera mendapat hasil fotonya. Instant share, langsung anget from the oven. Sementara kocek di balik dompet belum cukup menebus fujifilm X100T yang berwifi, lagipula bentuknya tak jauh beda dengan X100!!??

Fujifilm X100 + Micro SD Wifi = Fuji X100T Experience
Beruntunglah, dimana ada keluhan dan kebutuhan disitulah ada orang-orang kreatif dari dunia industri yang melihat celah. Terbitlah sinar harapan bernama kartu memori wifi. Ini adalah pilihan yang bijak, agar misalnya kamera full frame Anda yang jadul namun performanya masih mantap itu bisa berbaur dengan kamera-kamera kekinian. Dan kamera jadul semacam Fuji X100 bisa bergaya layaknya Fujifilm X100T yang "gahol" itu. Yess...

Saat ini memory card yang memiliki fitur Wi-Fi adalah jenis SD Card (cmiiw). Tapi tak menutup kemungkinan kelak semua kartu memori akan ber-wifi. Sejauh pengamatan saya ada beberapa produsen SD Card yang memasukkan WiFi ke dalam SD Card. Diantaranya adalah EyeFi, Toshiba, Transcend dan EzShare. SD Card merk Toshiba FlashAir dan EzShare harganya relatif lebih murah dibandingkan SD Card Wi-Fi merek lain.
SD Card Wifi berfungsi seperti wifi pada kamera Fuji X100T untuk memudahkan file sharing.
Cara Pakai SD Wi-FI Card
Penggunaanya SD Card Wi-Fi relatif mudah, ada beberapa hal yang harus dilakukan supaya fitur Wi-Fi memory card bisa tersambung dengan Handphone atau Tablet Anda,simak langkah-langkahnya berikut ini:
  1. Mengatur koneksi antar gawai melalui instalasi perangkat lunak. Caranya download aplikasi pembuka file foto dari Google Play Store (Android) atau App Store (iPhone) ke perangkat handphone/tab, masing-masing merk SD Card memiliki aplikasi tersendiri. Selesai instal aplikasi, lalu setting SSID Network Wi-Fi di handphone/tab Anda, untuk setting SSID Toshiba FlashAir biasanya terdeteksi dengan SSID “flashair_xxxx”, password defaultnya adalah 12345678, untuk merek lain silahkan baca manual booknya.
  2. Transfer Foto dapat dilakukan dengan membuka aplikasi yang didownload tadi, kamera harus dalam keadaan ON, dan layar monitor/display dalam keadaan menyala. Yakinkan jaringan Wi-Fi handphone/tab sobat juga dalam keadaan aktif. Jika settingannya benar, otomatis foto-foto yang ada di memory card kamera akan muncul di aplikasi handphone/tab sobat, tinggal pilih, dan save. Khusus untuk merk Toshiba FlashAir, selain memakai aplikasi FlasAir, juga bisa melihat foto dengan menggunakan Internet Browser, ketik http://flashair/
Keuntungan Memakai SD Card Wifi
 Yang jelas saya tidak perlu membeli kamera berwifi yang mahal itu dengan tetap bisa mempertahankan kamera lama saya jika preferensi mengganti kamera hanya karena wifi, oh tidak termakasih. SD Card Wifi ini sangat membantu. Kelebihan lain dari penggunaan teknologi ini adalah: kompatibel dengan semua kamera (yang menggunakan SD Card sebagai slot memorinya/ dengan adapter), memudahkan kita untuk mereview hasil foto langsung pada layar yang lebih lebar seperti monitor laptop, memudahkan berbagi foto dengan gawai-gawai lain yang sudah sangat mahfum berfitur wifi.

Sebagai gambaran jika Anda tertarik memakai SD Card WiFi, harganya kurang lebih Rp. 350.000.- untuk kapasitas 8Gb merk Toshiba atau EzShare class 10, merk lainya lebih mahal. Jika Anda memiliki cadangan Micro SD Card, bisa dibelikan SD Card WiFi Adaptor. Dengan alat ini maka Micro SD yang dimasukkan ke dalam adaptor  tersebut berfungsi seperti SD Card WiFi.

Baiklah, selamat jeprat-jepret dan selamat berbagi! Good Luck :)

0 comments:

Post a Comment

Blog Stats