Friday, 26 February 2016

Yakin ingin menghapus akun facebook Anda?
Pertanyaan saya sebelum Anda membaca lebih lanjut artikel ini: Apakah sudah benar-benar yakin mau menghapus akun facebook Anda selamanya? Karena cara yang saya bagi ini bukan seperti cara yang nampak pada menu seting di halaman facebook Anda loh.

Pernahkah Anda mencoba menghapus akun dengan cara mengklik tombol "Non-aktikan Akun" ( Deactivate Account) pada menu seting faacebook? Itu sama sekali tidak berguna. Percayalah, saat Anda coba search melalui mesin pencari seperti google, nama akun Anda masih akan tetap ada dan terpampang nyata di sana. Beserta foto-foto yang Anda share di facebook. Cara menghapus akun fb (facebook) selama-lamanya yang saya sarankan adalah cara menghapus yang dilakukan secara menyeluruh. Setidaknya ada tiga hal yang harus Anda perhatikan:

1. Pembersihan Data
2. Menghapus Akun
3. Masa Jeda

Baiklah mari kita kupas satu per satu apa yang saya maksud pada tiga hal di atas. Oh ya, disclaimer dari saya ya: pastikan benar bahwa akun yang akan Anda hapus adalah akun facebook milik Anda, bukan milik orang lain. Saya berlepas diri dari perbuatan tidak bertanggungjawab semacam itu. 


Pembersihan Data
Banyak yang tidak mengetahui bahwa ketika seseorang mengklik menu "Non-aktikan Akun" ( Deactivate Account) maka hal itu hanya semacam suspend/ pembekuan akun tanpa menghapus akun sama sekali. Memang jika teman atau ada user lain yang hendak mengunjungi alamat akun Facebook yang telah deactivated tadi, akan terlihat bahwa akun Facebook tersebut hilang disertai warning "This content is currently unavailable". Namun jika seseorang yang telah mendeactivate akun tadi  kembali melakukan login dengan mengunakan email dan password terakhir yang benar, maka saat itu juga akun Facebook kembali menjadi aktif. Ini adalah salah satu kepintaran facebook. Di satu sisi cukup berguna bagi seseorang yang plin-plan, yang terjebak pada masa lalu dan ingin mengais-ngasi kembali isi akun facebooknya.


Jadi bagi Anda yang sudah mantap dan yakin ingin mengetahui cara menghapus akun fb (facebook) selama-lamanya maka perlu diperhatikan satu hal yaitu: pembersihan data. Sebelum menuju tahap menghapus akun yang menunya sengaja tidak diperlihatkan Facebook secara transparan dari menu setting, sebaiknya Anda lebih dahulu menghapus semua data didalamnya. Foto, video, status, komen jika perlu telusuri semua. Namun yang paling terlihat adalah konten multimedia. Lagipula hal ini seringkali bersifat sensitif dan pribadi, jangan biarkan berserakan di dunia maya. Karena walaupun akun Facebook Anda nanti telah dihapus permanent, tapi jejaknya masih akan tertinggal jika tidak dibersihkan sebelumnya. Termasuk komen-komen Anda pada grup-grup diskusi. Jadi bersihkan dahulu.

Menghapus Akun
Langsung saja pada tutorial teknisnya sebagai berikut:
  1. Login ke akun Facebook Anda
  2. Lalu buka di tab baru dan klik/ masuk pada  url ini : https://www.facebook.com/help/delete_account
  3. Akan terlihat tulisan "Delete My Account". Dibawahnya terdapat tombol "Submit" saat Anda klik tombol "Submit" tersebut maka akan muncul kotak warning bertuliskan "You are about to permanently delete your account. Are your sure ?" (Anda akan menghaous akun secara permanen. Apakah anda yakin?
  4. Jika Anda galau, shalat istikharoh dahulu saja. Hehe
  5. Perhatikan bahwa pada kotak warning terdapat kolom kata sandi (password). Maka isikanlah password Facebook anda seperti saat Anda login di awal.
  6. Perhatikan juga bahwa dibawahnya lagi terdapat kolom "Scurity Check", atau captha. Ini untuk memastikan Anda adalah manusia, bukan robot. Isikanlah dua kata acak yang terlihat, bila kata itu terlalu sulit anda baca, klik teks " Try different word". nanti akan muncul dua kata yang lain
  7. Setelah merasa semuanya benar, klik "Okay"
  8. Lihat prosesnya, jika ada warning kesalahan input data, ulangi saja dari awal.

Masa Jeda
Ini adalah hal yang penting, sepenting masa idah ketika istri Anda pasca melahirkan. Eits!! harus sabar, tunggu dulu, tidak boleh login dulu. Btw, ketika Anda sudah melakukan tahap menghapus akun dan berhasil, Anda akan menerima email dari pihak Facebook yang isinya berupa pepmberitahuan bahwa akun Facebook anda akan dihapus secara permanen dalam waktu 14 hari. Perhatikanlah benar-benar peringatan ini, masa jeda ini menentukan keberhasilan permanen dari penghapusan akun.

JANGAN! sekali-kali JANGAN! melakukan aktifitas (Login) ke akun facebook Anda walaupun cuma sekali. Baik secara langsung maupun tidak langsung melalui aplikasi-aplikasi mobile yang terafiliasi dengan akun facebook Anda. Jika sampai terjadi maka Anda perlu melakukan tahap menghapus akun dari awal lagi. Hapus lagi dan tunggu lagi. Masa jeda 14 hari memang terasa lama jika ditunggu, skip saja dengan aktifitas lain seperti snapchat, tinder atau twitter hehe.

Selamat mencoba, Good Luck! :)

0 comments:

Post a Comment

Blog Stats