Friday, 18 March 2016

Mind Anchor berguna sekali dalam keseharian.
Otak manusia adalah salah satu misteri terbesar dalam sejarah kemanusiaan. Bahkan dengan segala informasi yang sudah bisa kita ungkap saat ini, itu tidak ada apa-apanya dibanding tabir yang selama ini menyelimuti. Sebagai contoh saat kita menggunakan teknik NLP seperti Mind Anchor, yaitu teknik memanggil kekuatan atau mood kita dalam 5 detik. Sekilas itu tampak mustahil, tapi nyata.

Kita tak bisa mengerti bagaimana ini bisa terjadi. Tapi ilmuwan mempelajarinya dan mendapati cara kerjanya. Lalu mulai meneliti dari mana alurnya. Tetap saja akhirnya kita hanya bisa berdecak kagum pada engineering tubuh manusia hasil karya entitas supercerdas yang kita sebut: Tuhan Sang Maha Pencipta. Untuk itu perkenankan saya berbagi tentang Mind Anchor (jangkar fikiran). Mungkin ada yang pernah mendengarnya, atau bahkan barangkali asing. Tapi ini sesuatu yang applicable dan saya rasa sexy untuk dibicarakan.

Usaha atau proses mencapai Mind Anchor disebut dengan Anchoring. Secara mudah Anchoring dapat dimengerti sebagai suatu cara yang memungkinkan seseorang untuk memasuki kondisi pikiran tertentu dalam waktu segera, kapan pun dimanapun saat diinginkan/ diperlukan. Beberapa literatur menyebut bahwa  "...Anchoring is an NLP technique that enables you to make available mind states just when you want them..."

Jadi anchoring adalah rangkaian tahapan untuk membuat stimulus / tombol / trigger tertentu di tubuh kita (Mind Anchor) untuk memicu timbulnya emosi atau perasaan positif yang sangat kuat. Sehingga tidak perduli dimanapun, kapanpun, atau bagaimana situasi seharian yang dialami, entah betapa buruknya kejadian di kantor seperti dimarahin boss, komplain dari klien, proyek gagal, laporan tidak lengkap dll.. Maka begitu Mind Anchor ini diaktifkan maka seketika itu juga perasaan atau emosi positif yang pernah diprogram sebelumnya akan muncul otomatis. Terdengar asyik ya? Dengan Anchor ini , kita bisa merubah kondisi yang bad mood dalam sekejap menjadi goodmood kembali
Proses anchoring bisa dilakukan sendiri atau dengan bantuan orang lain.

Beberapa teman saya yang berkecimpung dalam dunia NLP rata-rata sudah mempraktekan Anchor Mind ini dalam kesehariannya. Secara garis besar tahap dalam membuat Mind Anchor terbagi menjadi fase pengkondisian, fase pemrograman, fase pemilihan anchor yang unik, dan sisanya adalah penggunaan. Proses pengkondisian dan pemrograman yang repetitive dan intensive sangat mendukung hasil akhirnya.

Anda bisa loh mencoba membuat Mind Anchor untuk kondisi fikiran berani dan penuh percaya diri. Ini sangat bermanfaat misalnya dalam kesempatan public speaking dimana kebanyakan orang (bahkan yang sudah sering sekalipun) bisa tiba-tiba mengalami grogi. Nah.. dengan Mind Anchor, rasa grogi itu bisa diswitch diganti kondisi fikiran positif yang sudah diprogram sebelumnya.

Pertama Anda harus melakukan pengkondisian diri menuju gelombang otak yang rileks, bisa dengan meditasi, atau dengan bantuan brainwave, atau bantuan hipnoterapist. Saat Anda sudah dalam kondisi rileks, misalnya tehta wave atau deeptrance maka mood Anda dibawa ke proyeksi diri yang positif atau dengan kenangan-kenangan masa lalu ketika Anda mendapati diri sedang dalam kondisi yang penuh keberanian dan kepercayaan diri. Mungkin saat bicara dengan calon pacar, saat bicara dalam kampanye pemilihan ketua OSIS, atau saat presentasi terbaik yang pernah Anda lakukan, apapun. Yang jelas semua kondisi yang menyatakan bahwa Anda adalah pemberani dan penuh percaya diri tadi kemudian ditangkap dan dikunci dengan Mind Anchor. Penguncian ini bisa dengan kata-kata ajaib tertentu, atau dengan cara unik yang spesifik semisal mengepalkan jemari tangan kanan, mengpal dengan keras dan mengucapkan kata "Power!!"
Pengkondisian fikiran dengan memory atau dengan proyeksi fikiran.

Maka jika nanti suatu ketika Anda perlu bicara di depan umum namun tiba-tiba Anda merasa grogi atau gugup, Anda bisa langsung mengepalkan jemari di tangan kanan dan mengucapkan misalnya "Power!!!" sesaat sebelum bicara. Hal sejenis juga bisa diterapkan untuk membuat Mind Anchor perasaan sabar dan tenang serta rileks/ cooldown. Dan itu akan sangat berguna saat Anda berada dalam situasi tensi tinggi yang mengacaukan emosi.

Saya jadi ingat Naruto...
Ninja-ninja itu jago sekali menggunakan Mind Anchor dengan gerakan kombinasi tangan daj jemari yang aneh namun unik sekaligus keren. Hmm. ngelantur deh.. sepertinya sekian dulu tentang Mind Anchor, cara mudah merubah mood dengan segera. Selamat mencari lebih jauh.. Good Luck! :)

0 comments:

Post a Comment

Blog Stats