Tuesday, 2 August 2016

Mesin BMW M40 terkenal bandel dan mudah dalam perawatan.
Bagi Anda penggemar mobil BMW tentu tak asing dengan mesin mobil berkode M40. Ini adalah mesin yang cukup handal di zamannya dan dipercaya menjadi penggerak mobil BMW E30 dan E36. Jika Anda berkesempatan untuk memelihara salah satu mobil tadi kiranya perlu membaca postingan ini.
 
Apapbila saat menyalakan mesin mobil, Anda mendapati suara aneh dari mobil seperti orang mau jualan mie aja yaitu: tek - tek atau tik - tik, jangan panik! Memang suara itu terasa sangat tidak nyaman apalagi terdengar dari mobil kesayangan kita. Tapi itu bukan suatu pertanda bahwa mobil Anda sangat buruk.
 
Jadi sebelum memutuskan untuk pergi ke bengkel untuk servis kendaraan, pahami dulu sebab terjadinya bunyi bunyi tersebut. Disarikan dari kasus-kasus yang terjadi pada mobil BMW bermesin M40 (BMW e30 atau e36) sebabnya antara lain:

  1. HVA atau Hydraulic Valve Adjuster bermasalah. bagian mesin ini berfungsi untuk merapatkan celah otomatis pada setelan katup. Jika komponen ini tidak bekerja dengan baik, atau sudah aus maka celah akan semakin renggang dan bunyi tersebut bisa ditimbulkan.
  2. Rocker arm aus, rocker arm berada diantara katup dan HVA dan noken as atau camshaft, jika komponen ini sudah aus maka bunyi bisa ditimbulkan.
  3. Camshaft, kinerja HVA dan Rocker arm di kendalikan oleh noken as, mekanisme kerjanya dengan menekan rocker arm, kemudian akan menekan bukaan katup sesuai dengan kebutuhan mesin, jika rocker arm sudah aus makan katup tidak akan sempurna dalam membuka dan menutup, hasilnya bisa menjadi boros bbm, dan menimbulkan bunyi - bunyi tersebut. Bebunyian orang jualan mie ayam hehe.
  4. Pemakaian oli yang tidak tepat juga bisa menyumbat sirkulasi oli pada mesin, sehingga  terdapat komponen tertentu tidak dapat dialiri oli dengan baik.
  5. Pernah mengalami overheat, sehingga ada perubahan struktur internal mesin (cylinder head bengkok, melengkung, atau katup mengembang, dll) sehingga terjadi ketidakpresisian komponen dalam mobil saat terjadi pembakaran. Segera saja cek mobil ke bengkel untuk kasus ini.

Demikian sedikit analisa asal muasal suara tek-tek atau tik-tik pada mesin saat dinyalakan dalam kondisi idle. Sebaiknya segera saja dibawa ke bengkel, karena pembiaran dalam jangka lama bisa menimbulkan masalah baru di kemudian hari.

0 comments:

Post a Comment

Blog Stats